Jumat, 07 Juni 2019

Mengenal Apa Itu Virtualisasi dan KVM


A. Pendahuluan 
oyasumi minna san pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang virtualisasi dan mengenai KVM atau "Kernel Based Virtual Machine".
B. Latar Belakang
mempelajari konsep Virtualisasi
C. Maksud dan Tujuan
mempelajari konsep Virtualisasi
D. Hasil yang Diharapkan
memahami konsep Virtualisasi
E. Alat Dan Bahan
    - Laptop /PC (Linux)
     - Koneksi Internet

F. Pembahasan
 
Apa itu Virtualisasi ?
dalam ilmu komputer, Virtualisasi adalah tindakan mencpitakan versi virtual dari sesuatu, termasuk platform hardware komputer virtual, penyimpanan serta sumber daya jaringan. virtualisasi sendiri dimulai pada era 1960 sebagai metode membagi secara logis sumber daya system yang disediakan oleh komputer mainframe di berbagai aplikasi.
dengan kata lain virtualisasi adalah teknik menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau user berinteraksi dengan sumber daya tersebut. seperti membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal."
umumnya semua teknologi virtualisasi mengacu kepada "menyembunyikan detail teknis" melalui enkapsulasi.
Jenis Virtualisasi

1. Hardware Virtualization
hardware virtualization atau virtualisasi perangkat keras adalah upaya untuk  menciptakan mesin virtual yang bekerja layaknya sebuah komputer lengkap dengan sistem operasi. Istilah host mengacu kepada mesin tempat virtualisasi bersemayam sementara istilah guest mengacu kepada virtual mesin itu sendiri. Istilah hypervisor mengacu kepada software atau firmware yang membuat mesin virtual contoh yang sering digunakan
- Virtualbox
- VMware
- Virtualiztic
- openVZ
- Xen
- Lguest
- Docker
- LXC
- Proxmox
2. Virtualisasi Data
virtualisasi data adalah sebuah pendekatan untuk menyatukan data dari berbagai sumber dalam satu lapisan sehingga aplikasi, alat pelaporan, dan pengguna akhir dapat mengakses data tanpa memerlukan rincian tentang struktur sumber, lokasi, dan data asli.

Apa Itu KVM
KVM atau "Kernel Based Virtual Machine" adalah modul Virtualisasi di Linux Kernel yang memungkinkan kernel berfungsi sebagai Hypervisor, nah KVM ini membutuhkan processor bereksistensi virtualisasi hardware, seperti Intel VT atau AMD-V. KVM juga telah porting ke sistem operasi lain seperti FreeBSD dan illumos dalam bentuk modul kernel yang dapat dimuat.
contohnya yang sering digunakan adalah KVM/Qemu

G. Kesimpulan
Virtualisasi adalah tindakan mencpitakan versi virtual dari sesuatu, termasuk platform hardware komputer virtual
H. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Virtualization
https://en.wikipedia.org/wiki/Kernel-based_Virtual_Machine
https://id.wikipedia.org/wiki/Virtualisasi
Share:

1 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, jangan menggunakan kata kasar atau kotor. dan terimakasih telah berkunjung

Popular Posts

Recent Posts