Kamis, 23 Agustus 2018

Cara mudah install ssl gratis nginx di ubuntu 16.04


   SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain. Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kiptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. Sebuah sertifikat adalah sebuah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandardisasi. Data tersebut digunakan dalam proses verifikasi identitas dari sebuah entitas (contohnya sebuah web server) pada internet.

  Bagaimana cara menginstall ssl di vps ubuntu 16.04 gratis menggunakan let's encrypt ssl certificates ? disini kita gunakan certbot  yaitu tools yang di gunakan untuk generate secara otomatis dan konfigurasi otomatis ssl let's encrypt dengan dukungan banyak platform.


Install di ubuntu 16.04

Pada sistem Ubuntu, tim Certbot mengelola PPA. Setelah Anda menambahkannya ke daftar repositori, yang perlu Anda lakukan adalah apt-get dan mengikuti paket apa yg perlu di install.


$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install software-properties-common
$ sudo add-apt-repository ppa:certbot/certbot
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install python-certbot-nginx 

Memulai Konfigurasi 

Certbot memiliki plugin Nginx, yang didukung pada banyak platform, dan sertifikat

$ sudo certbot --nginx


Menjalankan perintah ini akan mendapatkan sertifikat untuk Anda dan memiliki Certbot mengedit konfigurasi Nginx Anda secara otomatis untuk melayani. Jika Anda merasa lebih konservatif dan ingin membuat perubahan pada konfigurasi Nginx Anda dengan tangan, Anda dapat menggunakan subkomand certonly:

$ sudo certbot --nginx certonly

Mencoba mengakses web dengan SSL ( HTTPS )

Setelah menjalankan yang sudah di jelaskan di atas, restart nginx dan akses server / domainnya menggunakan protocol https.







referensi :
            - https://certbot.eff.org/lets-encrypt/ubuntuxenial-nginx
            -  https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-create-an-ssl-certificate-on-nginx-for-ubuntu-14-04
     

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan menggunakan kata kasar atau kotor. dan terimakasih telah berkunjung

Popular Posts

Recent Posts